Monday 28th September 2020,

Agung Toyota Kuta Catat Rekor Express Maintanance Tercepat, Hanya 21 Menit, 41 Detik!

Agung Toyota Kuta Catat Rekor Express Maintanance Tercepat, Hanya 21 Menit, 41 Detik!

Dealer Agung Toyota cabang Kuta mencatat rekor baru dalam program service Express Maintanance (EM), yaitu 21 Menit, 41 detik. Bukan serba instan, sebuah proses pengembangan yang berkelanjutan mereka ekplorasi dalam sebuah ruang yang bernama, Ohbeya (ruang ekspresi dan eksplorasi).

Kepala Bengkel Agung Toyota Kuta, Wayan Widarba mengatakan pengembangan yang berkelanjutan (continuous improvement) tidak lepas dari penerapan dari salah satu pilar nilai dalam filofosi Toyota Way, ‘Kaizen’ yang tujuannya tidak lain untuk kepuasan pelanggan (delight experience).

“Pertumbuhan mobil tiap tahun yang meningkat, keterbatasan lahan berdampak ramainya unit servis pelanggan yang menyebabkan antrean lama saat untuk mencuci adalah motivasi awal, bagaimana mereduksi waktu EM, sehingga customer tidak perlu menunggu lama,” ujarnya.

Akhirnya, timbulah pemikiran untuk memangkas waktu service dengan perlakuan cuci kering (drywash) pada saat pengerjaan untuk kendaraan yang tidak terlalu kotor dan penggunaan alat-alat yang diinovasi sendiri.  Alat –alat tersebut diantaranya; ergonomic trolley EM, trolley ban pneumatic, vacuum airfilter cleaner, alat OH shock absorber dan alat-alat yang dikembangkan sendiri lainnya.

Sejak 2013 lalu, Agung Toyota Kuta telah menerapkan EM dari mulai proses booking, penerimaan servis, antrean cuci atau drywash yang sebelumnya baru mencatat waktu produksi 45 menit. Berkat optimalisasi hasil small group activity yang dilakukan di ruang Ohbeya, bersama kerja tim keseluruhan (hasarenke) dari mulai sales, aftersales, services, akhirnya membuahkan hasil yang maksimal.

Tidak heran, prestasi ini membuat Agung Toyota cabang Kuta dijadikan tidak hanya destinasi wisata. Tetapi kunjungan dealer-dealer seluruh Indonesia, atau petinggi Toyota Corporation dan Toyota Asia Pasific untuk melihat pengalaman langsung (genzi genbuju) proses pengerjaan EM yang terbilang sangat cepat itu seperti yang terjadi pada hari ini (12/1) hingga besok (13/1).

Dealer Development Toyota Astra Motor (TAM), Widyawati menyebutkan titik tekan dari pencapaian ‘Kaizen’ di Agung Toyota Kuta ini adalah bagaimana prosesnya, sehingga mampu menorehkan hasil yang maksimal. Maka itu, hendaknya, patut dijadikan contoh bagi dealer-dealer lainnya.

Senior Head Auto 2000, Ricky Martawijaya cukup terkesan dengan pelayanan tidak hanya mampu mengurangi waktu servis, tetapi juga melayani pelanggan yang menunggu mobilnya dengan baik. Seperti memberikan hadiah mainan kepada anak, sungguh cerminan  dari pelayanan yang menyentuh hati dan perasaan menyenangkan (delight experience). Menurutnya, ini merupakan terapan dari service culture.

Sementara itu, Presiden Direktur Agung Toyota, I Putu Rubika menyatakan hal ini adalah sebuah motivasi bagi dealernya untuk terus melakukan pengembangan yang tiada hentinya untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Tercatat untuk saat ini rata-rata penerimaan service unit Agung Toyota Kuta rata-rata setiap hari mencapai 75 unit. Khusus untuk EM, dari 2 stall, unit service mampu melayani konsumen dengan kapasitas 10 hingga 15 unit per harinya atau 8-10 unit per stall. Yang menarik, tidak ada biaya tambahan atau sama halnya dengan servis standard bagi konsumen yang melakukan EM servis.

 

Nissan Bali

Leave A Response


Partner Ship