Friday 17th September 2021,

Mobil Chevy Fleetmaster Cok Ace: Pemberian Bung Karno, Pernah Ditanam Hingga Transportasi Persalinan

Mobil Chevy Fleetmaster Cok Ace: Pemberian Bung Karno, Pernah Ditanam Hingga Transportasi Persalinan

Ada cerita menarik dari mobil pemberian Presiden pertama RI, Ir. Soekarno kepada Tjokorda Gde Agung Sukawati, Ayahanda Tjokorda Artha Ardana Sukawati atau akrab yang dikenal Cok Ace ini di kala tahun 1950. Selain sengaja dikubur di dalam tanah, untuk tidak dirampas juga menjadi kendaraan angkutan persalinan.

Sewaktu kecil, seingatnya tokoh pelingsir Puri Ubud ini pada zaman perang kemerdekaan demi melindungi mobil satu-satunya pemberian Bung Karno itu, Chevrolet Fleetmaster 1948 yang hanya diproduksi pada tahun 1946, 1947 dan 1948 itu disimpan di dalam tanah agar tidak menjadi barang rampasan penjajah.

“Waktu itu di tahun 1950 mobil itu sengaja ditanam agar tidak dirampas penjajah,” ungkap Cok Ace yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali ini.

Bahkan, lanjutnya sisi menarik lainnya karena sering diminta pertolongan warga yang mendadak bersalin, maka di tahun 1958 Ayahanda Cok Ace membuka klinik. Mobil itulah yang berjasa untuk mengantar pasien bersalin di Denpasar. Jadi, ia menambahkan mobil yang tidak ternilai itu penuh dengan kenangan yang sifatnya sosial.

Nissan Bali

Leave A Response


Partner Ship