Monday 28th September 2020,

Overheating, Kendala Utama Selama Uji Tes Jawa-Bali Motor Listrik Gesits

Overheating, Kendala Utama Selama Uji Tes Jawa-Bali Motor Listrik Gesits

Kendala overheating atau mesin panas, menjadi satu-satunya kendala yang dialami uji tes ketahanan motor listrik Gesits selama touring Jawa-Bali dengan rute 1.500 km.

Yoga Uta Utara yang merupakan salah satu pengendara dari 3 pengendara Gesits untuk uji ketahanan menuturkan kendala yang dihadapi selama perjalanan adalah mesin motor yang mengalami temperature tinggi hingga 90 derajat Celsius sehingga langsung menyebabkan mesin mati.

Untuk mensiasatinya, kata mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) semester VII jurusan Teknik Elektro ini dia cukup hanya memberikan aliran udara ke mesin, sehingga efeknya dapat menurunkan tempertaur menjadi 50-60 derajat Celsius.

Namun demikian, selama perjalanan tidak dtemui hambatan lainnya yang berarti. “Kami melakukan ganti baterai 12 kali selama perjalanan, walaupun cuaca hujan tetapi tetap aman, tidak ada kendala elektrifikasi,” ujarnya.

Diakuinya rata-rata kecepatan Gesits bisa mencapai 100 Km per jam tetapi dalam uji coba tersebut dijaga kecepatan rata-rata 60 Km per jam.

Sedangkan kapasitas baterai ion litium (li-ion) di Gesits dibagi dalam 2 tipe yakni 6 kwh dengan maksimal kecepatan hingga lebih dari 100 Km/jam dan 3 kwh dengan kecepatan 60-70 Km/jam.

 

Nissan Bali

Leave A Response


Partner Ship