Friday 09th December 2022,

Perlu Tahu! Inilah Asuransi Mobil TLO dan Perbedaannya dengan All Risk

Perlu Tahu! Inilah Asuransi Mobil TLO dan Perbedaannya dengan All Risk

Asuransi mobil sebagai salah satu asuransi kendaraan menjadi kebutuhan wajib yang perlu Anda persiapkan dengan baik.

Hal ini tentu agar risiko yang mungkin dialami oleh kendaraan Anda di masa yang akan datang bisa diminimalkan.

Salah satu asuransi kendaraan yang sebaiknya dimiliki adalah asuransi mobil bekas. Umumnya, asuransi yang digunakan adalah asuransi Total Loss Only (TLO). Anda bisa memahami lebih lanjut tentang asuransi TLO pada mobil bekas di https://duitpintar.com/asuransi-mobil-bekas/.

Adapun biaya klaim asuransi mobil TLO hanya dilakukan sekali saja sehingga tidak ada biaya lainnya. Jadi biaya yang perlu Anda bayarkan hanya premi saja yang dibayarkan tahunan. Tentu biayanya berbeda-beda tergantung dari produk asuransi yang Anda pilih.

Apa Itu Asuransi Total Loss Only (TLO)?

Asuransi TLO merupakan salah satu jenis asuransi mobil yang menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan total diatas 75% dari nilai kendaraan, kendaraan terbakar, hilang, atau akibat dicuri maupun perampasan paksa. Dengan persentase kerusakan tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa kondisi kendaraan telah mengalami rusak berat dan tidak mungkin bisa digunakan lagi.

Bahkan tak hanya mobil baru, mobil bekas juga bisa diajukan untuk asuransi TLO. Asuransi mobil bekas dengan pertanggungan TLO menjadi pilihan tepat karena preminya terjangkau dan manfaatnya mencakup banyak pertanggungan.

Tak hanya itu, Anda bisa mendapatkan referensi menarik mengenai berbagai pialang asuransi yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Misalnya ACA TLO dengan premi mulai dari Rp48 ribu per bulan, Sinar Mas TLO dengan premi asuransi mulai dari Rp35 ribu per bulan, Garda Oto TLO dengan premi asuransi mulai dari Rp39 ribu per bulan, dan masih banyak lagi.

Lalu mengapa Anda harus memilih asuransi mobil bekas dengan pertanggungan TLO? Berikut pertimbangannya:

1. Meskipun asuransi TLO menanggung risiko kurang lebih 75%, mobil bekas dengan usia diatas 10 tahun rentan rusak di spare part yang vital yang nilai perbaikannya lebih dari 75% limit.

2. Membeli polis asuransi TLO menjadi pilihan yang logis untuk mendapat manfaat pertanggungan dengan harga hemat, terlebih dengan risiko mobil bekas yang rentan rusak.

Perbedaan Asuransi TLO dengan All Risk

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

a. Asuransi TLO mencakup perlindungan akibat kehilangan dan kerusakan kendaraan yang lebih besar dari 75% nilai mobil, maka usia mobil yang ditanggung maksimal 15 tahun termasuk jika ada layanan derek dari bengkel rekanan.

b. Jaminan penggantian apabila kendaraan rusak yang nilainya mencapai lebih dari 75% dari nilai kendaraan dan kerugian akibat kehilangan atau kerusakan kendaraan.

Apabila Anda membeli mobil bekas, tentu asuransi TLO ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Tak hanya itu, asuransi ini dapat melindungi kendaraan Anda hingga usia 15 tahun.

c. Premi asuransi mobil TLO relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi mobil all risk.
Adapun kisaran harga premi asuransi TLO berada pada angka 0,2% hingga 0,69% dari harga kendaraan nasabah dan dibayar sekali saja untuk mendapatkan perlindungan selama setahun penuh.

2. Asuransi All Risk

a. Cakupan perlindungan meliputi semua jenis kerusakan, termasuk kompensasi terjamin untuk kehilangan mobil karena pencurian hingga adanya layanan pembaruan STNK.

b. Asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, baik itu kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan.

c. Premi asuransi ini lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi mobil TLO.

Asuransi All Risk lebih disarankan untuk kendaraan baru. Hal ini karena batas usia yang bisa dilindungi biasanya antara 7 hingga 10 tahun, atau tergantung dari perusahaan asuransinya.

Nah dari perbedaan di atas, tentu asuransi TLO bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda, terutama mobil bekas. Di Indonesia tentu banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk ini, beberapa diantaranya ialah asuransi TLO Adira Autocillin (Zurich Insurance), Sinarmas Simas Mobil, ACA TLO, dan masih banyak lagi yang bisa Anda akses laman Lifepal.

Asuransi TLO di Adira Autocillin atau Zurich Insurance menawarkan pertanggungan risiko hingga usia mobil 15 tahun, adanya layanan derek jika mengalami kecelakaan, jaminan kecelakaan diri untuk pengemudi dan maksimal 4 penumpang hingga Rp25 juta, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nissan Bali

Leave A Response


Partner Ship