Saturday 27th November 2021,

Spesifikasi Hampir Sama, Apa Beda Yamaha N-Max dan Aerox 155?

Spesifikasi Hampir Sama, Apa Beda Yamaha N-Max dan Aerox 155?

Walaupun punya cc dan spesifikasi yang hampir sama, Yamaha N-Max  dan Aerox 155 VVA mempunyai karakter yang berbeda, N-Max lebih cocok untuk performa touring sedangkan Aerox 155 VVA lebih menonjolkan speed atau show off.

Itulah yang disampaikan Nicolas Caesar, Marketing Promotion Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ketika disinggung perbedaan pada N-Max dan Aerox 155 VVA.

Lalu sejauh mana perbedaan secara spesifikasi teknis Yamaha N-Max dan Aerox 155? Dikutip dari Andriantoyugo.com, perbedaan antara keduanya hampir serupa tetapi tak sama, lho kok?

Meskipun Yamaha Aerox 155 dan Yamaha Nmax 155 menggunakan basis mesin yang sama yakni 155 cc plus Variable Valve Actuation (VVA) namun keduanya mempunyai performa yang sedikit berbeda.

Kedua skutik tersebut mempunyai basis mesin yang sama dengan teknologi VVA yang sama dan ukuran bore dan stroke yang sama. Namun Yamaha Nmax 155 mempunyai performa yang lebih tinggi dengan power puncak 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm.

Sedangkan Yamaha Aerox 155 sedikit di bawahnya dengan power puncak 11,0 kW dan torsi 13,8 Nm. Selain itu, Yamaha Aerox 155 juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membuatnya terdengar lebih halus ketika sedang menghidupkan mesin.

Sementara itu dilihat dari segi dimensi, perbedaan posisi tinggi tempat duduk dimana Yamaha Aerox 155, 79 cm sedangkan Yamaha Nmax hanya 76,5 cm. Soal kapasitas bahan bakar Yamaha N-Max juga jauh lebih banyak dengan 6,6 liter sedangkan Yamaha Aerox 155 hanya 4,6 liter.

Untuk berat motor Yamaha Aerox 155 lebih ringan yakni 118 kg sedangkan Yamaha Nmax lebih berat dengan 127 kg. Sedangkan soal ukuran ban dan velg juga berbeda jauh dimana Yamaha Nmax masih menggunakan velg 13 inchi. Sedangkan Yamaha Aerox 155 menggunakan velg dengan diameter 14 inchi. Ukuran profil ban belakang pun lebih besar Yamaha Aerox 155 yang mencapai 140/70.

Akhirnya tiba pada pertanyaan kenapa Yamaha akhir-akhir ini gencar melancarkan amunisi produk baru? Jawabannya, menurut Nicolas, mengikuti selera pasar yang begitu dinamis, strategi Yamaha memang menerapkan peluncuran produk baru untuk di setiap segmen. Rencananya, aka nada 4 produk lainnya yang akan meluncur tahun ini.

“Semua produk yang diluncurkan sebelumnya memang sudah dipertimbangkan matang, jadi tidak asal meluncurkan semua line up Yamaha,” ujarnya.

Nissan Bali

Leave A Response


Partner Ship