Saturday 27th November 2021,

Undiksha Singaraja Rilis Mobil Listrik Berdaya 1000 Watt, Bagaimana Spesifikasinya?

Undiksha Singaraja Rilis Mobil Listrik Berdaya 1000 Watt, Bagaimana Spesifikasinya?

Tidak mau kalah dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang menciptakan sepeda motorlistrik Gesists, Tim Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, merilis mobil listrik “Ganesha Shakti” (Gaski).

Kepala Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, Dr Kadek Rihendra Dantes seperti dikutip dari Antarabali.com mengatakan, mobil listrik pertama ciptaan mahasiswa Buleleng itu menggunakan produk rancang bangun kendaraan jenis elektrik (listrik) dengan berpenggerak gardan motor berdaya 1.000 watt dengan tegangan 72 volt.

Berbahan rangka baja karbon rendah jenis ASTM AO16 dan body mika arcrylic, Gaski masih menyerupai Gokart dengan dimensi panjang 2200 mm, lebar 1.400 mm dan tinggi 1.500 mm. untuk suspensi, Gaski menggunakan tipe shock absorber standard, jenis Yoshimura & RTL yang panjangnya 360 mm.

Untuk rodanya, Gaski dipasang ban 14’’, Corsa R 46, velg 14’’ Takagawa, sedangkan untuk steering, Gaski mengusung karakter racing lewat penerapan Rack and Pinion.

“Selain mobil, kami juga membuat sepeda motor bertenaga listrik dengan spesifikasi khusus menggunakan bahan ramah lingkungan,” ujarnya Selasa (9/1).

Dikatakan pula, nama Ganesha Shakti diambil dari kata “Ganesha” dan “Sakti” yang di mana kata “Ganesha” berasal dari nama dewa Ganesha yang melambangkan pengetahuan dan kecerdasaan, sedangkan kata “Sakti” mempunyai arti kekuatan yang luar biasa.

Rihendra menambahkan, ganesha sakti dibuat selama satu tahun dengan waktu delapan bulan perancangan dan tiga bulan proses pengerjaan oleh team yang bernama “Korawa”.

Ia memaparkan, tim yang terdiri dari 14 mahasiswa semester lima prodi otomotif Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, juga mendapatkan dukungan penuh dari kampus setempat.

Dikatakan pula, perancangan mobil dalam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa prodi otomotif dalam bidang rancang bangun kendaraan ramah lingkungan, dengan harapan dapat mengurangi pencemaran lingkungan berupa polusi udara yang diakibatkan oleh emisi gas buang kendaraan konvensional.

Ke depan, pihaknya berencana menyempurnakan penemuan tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas mobil tersebut. “Kami terus berinovasi kedepan semoga hasilnya lebih maksimal lagi,” tambahnya.

 

Nissan Bali

Leave A Response


Partner Ship